Saturday 9 January 2016

Ada Banyak Manfaat Singkong Yang Baik Sekali Di Konsumsi


Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti telah mengenal singkong. Ya, singkong merupakan bahan makanan yang termasuk dalam kelas umbi-umbian. Singkong sendiri juga sering disebut dengan nama umbi kayu. Karena singkong adalah umbi yang terdapat pada pangkal batang pohon singkong, hal ini disebabkan.  Selain mampu diolah menjadi beragam makanan yang enak seperti perkedel singkong, kolak singkong, tape singkong, gethuk, keripik samiler, jemblem, keripik singkong dan lain-lain. Singkong juga mampu diolah menjadi tepung singkong. Biasanya, tepung singkong digunakan untuk membuat berbagai kue-kue tradisional dan bisa juga untuk digunakan untuk membuat kue brownies. Tidak cuma itu saja, karena mengandung zat pati 2 kali lebih tidak sedikit dari kentang, membuat singkong dikonsumsi sebagai makanan pokok penganti nasi.

Meski demikian, beberapa orang masih beranggapan bahwa singkong adalah makanan kampung yang tidak memiliki kandungan gizi. Kalau diteliti lebih rinci lagi, padahal Sebelum mengetahui kandungan nutrisi beserta kegunaan yang dimilikinya, jangan menyepelekan singkong Carakhasiatmanfaat.com mengungkapkan bahwa di dalam singkong juga terdapat kandungan nutrisi yang berupa karbohidrat, protein,asam folat, asam folat, serat, vitamin B9, vitamin A, vitamin k, vitamin E, vitamin C, niacin, pyridoxine, thiamin, riboflavin, mangan, zat besi, kalsium, magnesium, kalium,sodium, magnesium, fosfor, dan zinc.

Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat di dalam singkong, berikutnya juga akan diberikan informasi mengenai manfaat singkong bagi kesehatan tubuh. Inilah sejumlah kegunaan singkong bagi kesehatan tubuh.

Ada  Enam Kegunaan Singkong

Sumber Energi
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, singkong memiliki zat pati dua kali lebih banyak dari pada kentang sehingga menjadikannya sebagai makanan sumber energi berkat adanya sumber karbohidrat kompleks.

Memperlancar Sistem Pencernaan
Di dalam singkong ini terdapat beberapa kandungan serat yang sangat berperan serta memperlancar sistem pencernaan, sehingga organ-organ pencernaan menjadi lebih bugar dan terhindar dari masalah gangguan pencernaan seperti tidak gampang buang air besar, wasir, perut kembung, sembelit dan lain sebagainya.

Baik untuk Diet Tidak tinggi Lemak
Meski singkong mempunyai kandungan karbohidrat cukup tidak rendah, namun singkong merupakan makanan rendah lemak dan tidak tinggi kolesterol sehingga cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan diet rendah lemak. Namun, untuk menjalankan diet rendah lemak disarankan memakan singkong yang telah direbus.

Dapat Mencegah dan Mengatasi Anemia
Kandungan komponen mineral, termasuk zat besi yang ada di dalam makanan singkong yang berperan bisa membantu proses pembentukan sel sel darah merah sehingga tubuh dapat terhindar dari masalah gejala kurang darah atau kurang darah.

Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes
Kepada Para penderita diabetes sangat dianjurkan untuk dapat mengkonsumsi singkong dari pada mengkonsumsi nasi. Sebab singkong tidak memiliki kandungan kadar gula sehingga aman dikonsumsi para penderita diabetes, perihal ini diakibatkan Nafsu makan ditingkatkan oleh meningkatkan Nafsu Makan

Singkong mempunyai kandungan nutrisi dan karbohidrat kompleks yang berperan untuk.
Kalau dikonsumsi secara berlebihan, singkong juga mempunyai dampak samping Berdasarkan informasi yang diambil dari manfaat.co.id, di dalam singkong terdapat akar alami yang juga beracun cyanogenic, metil linamarin juga mengandung senyawa glikosida linamarin. Kandungan materi racun itu dapat membuat orang yang mengkonsumsinya secara berlebihan mengalami keracunan sianida ditandai dengan gejala2 kepala pusing, mual, sakit perut, muntah, sakit kepala juga kematian. Kandungan racun itu lebih banyak ditemukan pada bagian kulit luarnya. Untuk menghilangkan racun tersebut, pastikan telah mengupas kulitnya sampai bersih dan singkong di rebus di dalam air yang sudah berisi garam dan cuka.


Hal lainnya yang juga harus diperhatikan dikenal sebagai pastikan untuk memilih atau membeli singkong dengan kondisi yang baik. Ketika dikupas, singkong berkualitas baik memiliki warna putih bersih Sebaiknya, bahwa singkong telah disimpan dalam waktu yang cukup lama ditandakan oleh buanglah singkong yang memiliki warna kekuningan atau kebiruan sesudah dikupas sehingga tidak baik untuk dikonsumsi sebab warna tersebut. Pilihlah Singkong yang masih segar baru diambil dangan ditandai dengan ada nya tanah masih basah permukaan kulitnya.

No comments:

Post a Comment